Digital clock

Selasa, 02 April 2013

Ternak Bebek Peking



Bebek Peking merupakan salah satu jenis bebek dalam kategori bebek pedaging, karenaitu para peternak bebek peking memanen ternakannya sebagai daging. Olahan makanandari daging bebek peking sangat bervariasi dan cukup mendapat tempat di masyarakat. Selain itu pertumbuhan bebek peking relatif cepat, sehingga tidak heran bisnis bebek peking ini cukup prospektif untuk ditekuni. Sebagai upaya untuk memaksimalkan budidayadan bisnis Bebek peking ini telah dikembangkan pola Kemitraan Peternakan Bebek Peking.
Itik dikenal juga dengan istilah Bebek (bhs Jawa). Nenek moyangnya berasal dari AmerikaUtara merupakan itik liar ( Anas moscha) atau Wild mallard. Terus menerus dijinakkan oleh manusia hingga jadilah itik yang diperlihara sekarang yang disebut Anas domesticus(ternak itik).
Secara internasional ternak itik terpusat di negara-negara Amerika utara, Amerika Selatan, Asia, Filipina, Malaysia, Inggris, Perancis (negara yang mempunyai musim tropis dansubtropis). Sedangkan di Indonesia ternak itik terpusatkan di daerah pulau Jawa (Tegal,Brebes dan Mojosari), Kalimantan (Kecamatan Alabio, Kabupaten Amuntai) dan Bali sertaLombok.
Klasifikasi (penggolongan) itik, menurut tipenya dikelompokkan dalam 3 (tiga) golongan,yaitu:
  1. Itik petelur seperti Indian Runner, Khaki Campbell, Buff (Buff Orpington) dan CV 2000-INA;
  2. Itik pedaging seperti Peking, Rouen, Aylesbury, Muscovy, Cayuga;
  3. Itik ornamental (itik kesayangan/hobby) seperti East India, Call (Grey Call),
Mandariun,Blue Swedish, Crested, Wood.Jenis bibit unggul yang diternakkan, khususnya di Indonesia ialah jenis itik petelur sepertiitik tegal, itik khaki campbell, itik alabio, itik mojosari, itik bali, itik CV 2000-INA dan itik-itik petelur unggul lainnya yang merupakan produk dari BPT (Balai Penelitian Ternak).
Mengapa Bisnis Bebek Peking?
Bisnis bebek peking merupakan peluang bisnis yang cukup potensial, jika anda masihpenasaran dengan bisnis ini ada beberapa hal yang membuat peluang bisnis ini layak dipertimbangkan :
  • Dari segi laju pertumbuhannya, ternak itik dapat tumbuh lebih cepat dari ternak ayam,apalagi itik yang tergolong tipe pedaging seperti itik peking. Pada umur satu bulan beratitik peking sudah mencapai 1,5 kg dan pada umur 2 bulan beratnya sudah bisa mencapai3 kg, sedangkan untuk ayam potong (broiler) pada umur yang sama hanya bisa mencapaiberat sekitar 1 kg dan 2 kg.
  • Ternak itik diyakini jauh lebih tahan terhadap penyakit jika dibandingkan dengan ternak ayam. Sekalipun penyakit-penyakit yang menyerang ternak ayam pada umumnya jugamenyerang itik, namun akibat yang diderita oleh itik tidak terlalu parah. Hal ini terkecualihanya pada kepekaannya terhadap aflatoxin di mana itik amat peka terhadap aflatoxinyaitu jamur pada biji-bijian.
  • Dalam bentuk usaha peternakan rakyat, peternakan itik dapat diusahakan denganmemanfaatkan peralatan yang amat sangat sederhana, misalnya perkandangannya sertaalat-alat yang digunakan dalam kandang. Bahkan itik dapat bertahan hidup di alamterbuka dengan model kandang seperti kemahnya anak pramuka.
  • Dalam usaha peternakan itik yang diusahakan secara ekstensif kita dapatmemanfaatkan alam sekitar di mana banyak terdapat sumber-sumber karbohidrat danprotein yang terbuang sia-sia seperti sisa-sisa panen padi di sawah, cacing, ikan-ikan kecildi sungai-sungai, dan lain sebagainya. Di samping itu, karena itik memiliki instingberkelompok (flocking instinct) yang amat kuat, maka ini sangat membantu dalam halpengendalian terutama untuk model pemeliharaan yang bersifat ekstensif (digembalakan).
  •  Kulit telur itik pada umumnya lebih tebal di bandingkan dengan kulit telur ayam. Inimempunyai arti penting dalam hal mengurangi resiko pecah atau retak terutama dalampenanganan (product handling) dan transportasi. Terlebih untuk usaha penetasan telurdan pembuatan telur asin.
  • Pada umumnya unggas air seperti ternak itik dan yang lainnya jarang bahkan bisa dikatakan tidak memiliki sifat kanibal dan agonistik (berkelahi).
  • Sisi lain pemanfaatan limbah terutama bulu, selain dapat dimanfaatkan sebagai bahankasur, bantal, atau pakaian, maka untuk bulu itik jenis tertentu seperti entok dan yanglainnya dapat dipergunakan sebagai bahan suttle kock. Ini berarti ada nilai lebih darilimbah yang berasal dari ternak itik.
  • Jika dibandingkan dengan telur ayam ras maka telur itik terkesan lebih dihargai karenatelur itik dijual dengan satuan butir/biji sedangkan untuk telur ayam ras dijual dengansatuan kilogram (kg).
  • Secara umum harga produk ternak itik baik untuk komoditi telur atau daging terasa lebih stabil jika dibandingkan dengan produk ternak ayam.
Dengan melihat kondisi seperti tersebut  kami mencoba membuat tulisan mengenai budidaya itik peking dalam rangka akselerasi pembangunan peternakan unggas air untuk pemenuhan kebutuhan akan daging dalam waktu yang relatif cepat, mudah dan bisadikembangkan oleh masyarakat di pedesaan.Maksud dan Tujuan Maksud dari pola pengembangan pemeliharaan itik peking ini antara lain:
  1. Untuk mencari alternatif terobosan dalam rangka mempercepat produksi daging yangberasal dari unggas air (itik).
  2. Merubah pola usaha unggas air (itik) dari yang nomaden ke arah yang intensif.
  3. Menjadikan usaha unggas air (itik) menjadi usaha pokok masyarakat.
  4. Menciptakan peternak yang mandiri dan berkualitas (peternak tangguh).
  5. Menyediakan permintaan pasar terutama permintaan daging itik yang bekualitas.

6 komentar:

  1. Thanks gan infonya...minta info harga bebek peking gan

    BalasHapus
  2. saya tertarik tukternak bebek peking bs komunikasi lbh banyak lag?

    thanks

    Maydayati27@gmkail.com

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum, permisi admin, numpang jualan,

    jual bebek peking hidup, f1 malindo, ukuran 2,5kg up

    Harga : 21.000 per kg

    Lokasi kandang : cise'eng ,Parung, bogor

    telp/sms: djoko 08568630258

    (pembayaran cash, ketemuan di kandang)

    Nb : Harga dapat berubah sewaktu-waktu

    Terimakasih...

    BalasHapus
  4. Hasilkan Blog Anda Menjadi Mesin Penghasil Uang Dengan Penghasilan 3 Juta - 15 Juta / Minggu, Daftar & Pelajari Segera Caranya Di http://newkerjaonline2014.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Mari giatkan usaha beternak bebek. Bebek Peking (Peking Duck) adalah salah satu jenis itik pedaging paling unggul dengan permintaan pasar yang sangat tinggi. Dengan harga DOD Rp. 8.000 /ekor dan harga jual karkas itik ukuran 1,5 - 2 kg = Rp. 55.000 - Rp. 67.000. Untuk usaha pembesaran 100 ekor dalam pemeliharaan 6-8 minggu kami kalkulasikan keuntungan yang didapat sekitar Rp. 1.800.000. Untuk menghasilkan keuntungan yang lebih kami menyarankan untuk beternak minimal 500 ekor. Jika peternak bisa mencari pakan alternatif yang relatif murah apalagi bisa mencari yang gratis seperti sagu, ampas tahu, dll maka akan didapatkan keuntungan yang lebih besar.

    BalasHapus
  6. Bisa email harga n sistem kerjasama yg di tawarkan ke hosea_candra@yahoo.com
    Sy di subang

    BalasHapus